Cara Sederhana Teknik Budidaya Lele

Pindah domain ke http://www.ketutsutawijaya.com/

Tulisan lengkap mengenai pertanian klik di sini (http://www.ketutsutawijaya.com/category/tani/)

Jika kita menggunakan mesin pencari untuk mempelajari teknik budidaya lele, maka kita akan menemukan banyak sekali artikel yang mengulas tentang teknik budidaya lele. Tulisannya pun beragam dan dibuat dari pengalaman atau penelitian yang dilakukan.

Kali ini saya juga ingin berbagi pengalaman saya tentang cara atau teknik budidaya lele.

Budidaya lele tidak memerlukan cara perawatan yang rumit. Tidak perlu menggali tanah atau membuat kolam dan tidak perlu membuat kolam dari beton, tapi cukup menggunakan terpal atau deklit. Tapi kalo mau permanen bisa dengan menggali tanah atau membuat kolam dari beton.

Menggunakan terpal atau deklit memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah berbiaya murah, praktis, mudah dibuat, dan mudah dipindakahkan kemanapun kita mau, serta proses memanen pun menjadi sangat mudah. Sedangkan kelemahannya adalah tidak tahan lama –terpal yang kualitasnya bagus bisa bertahan lebih dari 3 tahun, jika bocor akan cukup menyulitkan, dan berpeluang robek.

Untuk yang bermodal kecil dan sedang ingin belajar, pilihan menggunakan terpal saya kira cukup tepat.

Untuk memilahara 1000 ekor lele cukup menggunakan terpal berukuran 4×6 meter. Terpal ukuran ini bisa dibuat menjadi kolam berukuran 2×3 meter. Ukuran 2×3 dengan ketebalan air 80 Cm adalah ukuran ideal untuk 1000 ekor lele. Terpal ditekuk-tekuk sedemikian rupa agar menyerupai kolam beton di atas tanah.

Pojok-pojok atau di sekiling kolam bisa disangga dengan kayu atau bambu. Pengalaman saya, disangga dengan batang pohon kapas atau randu lebih baik. Selain kuat, batang pohon randu ini bisa tumbuh sehingga tidak busuk, awet.

Setelah kolam jadi, siapkan medianya. Oya… sebaiknya sebelum terpal baru digunakan, direndam dulu dalam air atau dicuci dengan bersih agar bahan-bahan kimia yang terkandung dalam terpal bisa terkurangi.

Kunci kesuksesan pemeliharaan ikan apapun, termasuk lele, adalah penyiapan medianya. Semakin bagus medianya maka akan semakin baik pula hasilnya. Media layaknya rumah bagi ikan-ikan ini. Media yang dimaksud di sini adalah air. Lele tidak perlu air mengalir seperti ikan-ikan lainnya sehingga memudahkan bagi kita yang berada di daerah yang persedian airnya sedikit.

Isilah kolam dengan air setinggi 15-20 Cm. Kemudian, taburkanlah pupuk kandang atau kotoran sapi setengah matang pada kolam setebal 5 – 10 cm. Kemudian tebarkan juga batang pisang atau debog dalam bahasa Jawa dan Bali. Batang pisang dipotong-potong dan tebarkan di kolam ini juga. Getah batang pisang setau saya baik untuk membunuh bakteri-bakteri yang merugikan. Taburkan juga daun-daun yang mudah busuk. Bisa juga ditambahkan serabut kelapa dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

Biarkanlah selama 1 sampai 2 minggu. Air akan berwana kecoklatan bahkan sampai warna kehijauan. Warna air hijau menunjukan air sudah siap untuk dijadikan media. Mikroorganisme sudah hidup subur dalam air ini yang dibutuhkan oleh lele.

Jika ingin hasil yang lebih cepat, bisa menggunakan larutan EM (effective microorganism) yang dapat dibeli dengan mudah di toko-toko tani atau bisa juga dengan membuat sendiri. Tapi hati-hati dengan nyamuk yang berkembang biak pada air yang menggenang dalam kolam selama 1 – 2 minggu ini. Lepaskanlah ikan-ikan kecil pada kolam untuk memakan jentik nyamuk. Bisa juga menggunakan lele-lele kecil berjumlah 10 ekor untuk mengontrol jentik nyamuk.

Setelah media siap, tambahkan air sumur pada kolam sampai ketebalan 80 cm. Sebaiknya hindari penggunaan air kran atau PDAM, karena mengandung kaporit yang kurang baik untuk lele dan mikroorganisme yang tumbuh dalam kolam. Jika air tidak tersedia cukup banyak, cukup diisi 40 cm dulu, dan ditambahi sedikit demi sedikit seiring perkembangan lele. Jika medianya baik maka bisa menekan kematian lele sampai di bawah 5%.

Taburkan bibit lele yang berukuran 2 – 5, tapi jangan keburu ditaburkan. Biasanya bibit berada dalam kantong plastik yang berisi air. Taruh kantong plastik itu di atas air kolam, agar ada penyesuain suhu dan lele tidak stres. Penebaran benih dilakukan pagi atau sore hari, dimana suhu permukaan kolam tidak terlalu berbeda jauh dengan suhu di dasar kolam.

Pakan lele banyak tersedia di toko-toko. Untuk pakan buatan sendiri, saya belum berani menuliskannya di sini karena belum berhasil 100%. Sehingga mau tidak mau kita ketergantungan dengan pakan pabrikan. wuih… sangat tidak menyenangkan.

Pemberian pakan dilakukan pagi hari dan petang hari, dimana biasanya lele sedang memiliki nafsu makan yang tinggi. Jumlah pakan sesuaikan dengan barat badan, yaitu 5% dari total berat badan seluruh populasi kolam. Kalo saya biasanya tidak ambil pusing dengan 5%, tapi pemberian pakan dilihat dari perilaku lele. Berikan sedikit demi sedikit pakan, lihat perilaku lele. Jika buas memangsa pakan, maka berikan sedikit lagi, sampai cara memakannya tidak terlalu buas. Jangan terlalu banyak memberikan pakan karena bisa membuat lele menjadi kembung dan mati.

Idealnya pada siang hari juga diberi pakan, namun pakan yang banyak berarti ongkos produksi juga besar. Maka sebaiknya disiasati dengan memberikan pakan tambahan pada siang hari. Misalnya memberikan ayam mati yang digantung di permukaan kolam agar sisa-sisa ayam yang tidak termakan bisa kita buang dan tidak menjadi sampah di kolam. Bisa juga memberikan cacing dan katul, atau memberikan keong mas, atau makanan tambahan lainnya yang tidak perlu membeli.

Lele akan siap panen dalam umur 2 – 3 bulan, dengan ukuran 8 – 12 ekor per kilogram. Tapi tanyakan pembeli atau pedagangnya, mereka meminta yang ukuran berapa. Lele yang besar cenderung tidak laku di pasaran, namun laku di pemancingan.

76 thoughts on “Cara Sederhana Teknik Budidaya Lele

  1. saya sngat trtarik dengan budidaya lele krna peluang bisnis ini sangat bagus cm kalu saya boleh tahu analisa usaha mohon di email.

  2. apa bner sblm ditabur benih kolam harus dikasih pupuk kandang? bila pupuk kandangnya bukan dari kotoran sapi bisa tidak? saya dirumah juga jual bibit lele blorok at kuning n berta bulan n yg lain,jika ada yang membutuhkan bisa hubungi saya

  3. saya tertarik dgn bisnis ini…
    bisa tolong bantu saya soal perhitungan modal awal dan sampai bisa di panen brp??
    Untuk pemula seperti saya seharusnya dgn jumlah brp ekor lele sebagai tahap pembelajaran??
    Di tunggu emailnya… thanks.

  4. ada alamat dan nomer telpon gak. saya perlu konsultasi lagi. klau perlu lewat telpon tapi klau gak bersedia lewat email juga boleh

  5. sya kn seorang pemula, sya sdh membuat kolam dengan beton
    jdi tolong kasih tau cra budidaya lele gmn, biar nanti lele itu tidak pda mati

  6. saya sngt brminat bgt dgn usaha budidaya lele ini. . ! Tp saya ingin tau tntang brp modal awal yg d keluarkan dan cara yg lbh detail lg. . Tntang usaha ini. ! Saya tunggu e-mail nya y. . . ? Thx. . .

  7. saya berminat budi daya lele ini dan apakah ada selain lele yang dapat hidup di kolam terpal pada air tidak mengalir

  8. bos saya pingin budidaya lele sebelum lele ditebar ke kolam bibit lele perlu divaksin/diseterilkan tidak agar terhindar dari bakteri, jika iya harus pakai obat apa?

  9. saya tinggal di denpasar, bali. saya ingin mencoba pembesaran budidaya lele dumbo dari bibit 2-4 cm s/d panen. lahan yang saya gunakan 37 m x 20 cm. untuk efektifitas budidaya lele dumbo mhn di inf0. kolam ukuran berapa yang dibuat (kapasitas bibit brp/m2), sistem penebaran bgm? dari ukuran bibit 2-4 cm brp bulan panen? dan info lainnya yang berkaitan dengan budidaya lele dumbo. saya tunggu emailnya n memungkinkan no. hp yang bisa dihub. thank’s atas infonya

  10. salam kenal pak, saya tertarik dengan artikel bapak boleh tahu ga berapa biaya yang harus saya siapkan dan berapa luas lahan yang harus saya sediakan,terima kasih dan dimana saya bisa dapatkan bibitnya khususnya di Denpasar

  11. makasih bos buat pengalamannya. kalau lele apakah bagus kalau air mengalir? makasih sebelumnya. kalau boleh tahu modal awal nya brapa kalau 1000 ekor bibit. sy tunggu emailx ya bos!

  12. salam kenal pak….. saya ilham…. gimana cara beternak lele yang baik??.. berapa kali harus dilakukan penyortiran agar mendapatkan hasil yang maksimal??… apakah benar kala lele yang dipindahkan swetelah di sortir ketempat baru akan melompat keluar??.. soalnya setelah saya menyortir lele dan memindahkannya ke tempat yang baru hari esoknya saya tengok ada sebagian lele yang keluar dari terpal dan mati. makasih y pak …. di tunggu jawabannya

  13. lele saya sekarang berumur satu bulan, tapi akhir akir ini udah sring mati, gimana solusinya pak?

  14. knp ya ikan lele aku tidak nafsu makan terus padahal airnya suka saya ganti jika airnya udah rada bau?? aku ternaknya di kolam taman……..apa tipnya agar ikan lele aku tetap stabil nafsu makannya?????

  15. lam kenal pak,sy mau tanya kl panen jualnya ke mana di tempat sy blum ada,tempat sy di brebes,
    terima kaasih pak mohon infonya…..

  16. UD. NABILLA LELE

    Kami petani lele dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman. Kami menjual induk dan bibit lele sangkuriang berbagai ukuran. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau. Alamat : Jl. Kaliurang Km 13,5 Sleman-Yogyakarta.
    Bibit lele yang kami hasilkan adalah bibit lele berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit lele hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan lele kami :
    Jenis : Sangkuriang (Sertifikat)
    Sistem : Intensif.
    Pemijahan : Alami.
    Sumber air : Air tanah / sumur.
    Kolam : Terpal.
    Pakan : Cacing sutra.
    Pengangkutan:Dikemas dlm kotak styrofoam penahan panas, tahan sampai 19 jam.
    Kota tujuan : Seluruh Indonesia.
    Kapasitas pengiriman :
    UKURAN : KAPASITAS / Ekor / BOX :
    2-2 cm : 15.000.
    2-3 cm : 8.000.
    3-4 cm : 7.000.
    3-5 cm : 5.000.
    4-6 cm : 4.000
    5-7 cm : 3.000
    Induk : 15.
    Untuk informasi harga murah berkualitas silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di http://www.mbenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman (10 meter selatan Honda AHASS)

    Catatan :
    Cara mempersiapkan air kolam sebelum bibit ditebar (Pre condition water) :
     Masukkan air setinggi 30 cm dengan cara dipercikkan
     Tebar garam ikan/garam grasak 100 g / m2
     Diamkan selama 4 hari
     Masukkan urea 10 g / m2 dan katalis plankton (probiotik) yang mengandung bakteri nitro (Em4, Sell multi) dosis 10 ml / m2
     Diamkan selama 6 hari sampai air berubah warna kuning kehijauan
     Volume air ditambahkan hingga 60 – 70 cm dan bibit siap ditebar.

  17. Mas brow,,mau tanya…kira2 low bibit lele berukuran 3.2 cm masukan di air yg buat nyuci dan buat madi,jawa nya peceren gt mati apa gak y mas.,aq tunggu jawban lewat imail y mas.,mksh sblmnya.

  18. pak saya wayan mau minta rekomendasi dimana toko terpal yang bagus untuk kolam lele ? soalnya klompok saya butuh 60 set ? sukseme

  19. Mas. saya mau tanya :
    Jenis Lele nya apa? Harga per ekor nya berapa? untuk masing2 ukuran.
    terima kasih. Salam.

  20. Kira-kira butuh modal berapa ya untuk kita yang baru belajar usaha di peternakan lele? Sekalian minta informasi tempat pembelian bibit lele. Terima kasih

  21. saya tinggal di berau kaltim untuk mengisi waktu luang kami iseng iseng membuat kalam ikan 5x3m tanah gambut tapi ngak dalam udah kami gali 70 cm tapi tinnggi tanggul 1,5m …”’rencna 2 hari lagi saya masukan bibit …..bagaimana langkah yg bagus selanjutnya

  22. assalamu’alaikum
    mau nanya ne pak, ortu dirumah da sampingan kerja ternak lele.. nah, biasanya tuh panen tiga bulan sekali. menurut bapak panen dalam waktu segitu sudah bagus belum? truz kalau boleh tau panen yang paling cepat itu berapa bulan ya pak?
    mkasih ya informasinya…

  23. infonya joosssaaazzz sekali,,saya tertarik ingin membudidaya lele…..tapi saya masih bingung dengan cara perhitungan dari modal,berapa pengeluaran dan laba yang di dapat…kalau bisa saya mau konsultasi..mungkin ada no telp yang bisa saya hubungi,,,,
    tank sebelumnya

  24. sbelum saya membaca diatas saya telah mencoba peternakan ikan lele tapi semuanya mati,apakah bisa peternakan ikan lele didalam parit mengalir berair gambut dengan menggunakan jaring,saya sangat membutuhkan infonya ditunggu no hp atau email nya terimakasih.kalau bpk bersedia agar dapat mengirimkan no tsb ke:081275559958 karena keterbatasan jaringan harap maklum

  25. Saya memfokuskan usaha pada pembenihan bibit lele sangkuriang. Bagi yang membutuhkan bibit lele sangkuriang. Untuk wilayah Solo dan sekitarnya saya antar gratis. Bibit berkualitas karena dari indukan bersertifikat dari BBAT. Kami siap membantu Anda sukses dalam berternak lele. Konsultasi gratis. Saya tidak menjual bibit saja. Bibit yg saya kirim. Bila sudah panen akan saya beli bila Anda kesulitan menjual. Hub 085642057643
    alamat Ngablak Rt/Rw 03/06, Karangmojo, Tasikmadu, Karanganyar, Solo

  26. ok semuanya aku seorang karyawan di sebuah industry poultry.dan sekarang dipercaya untuk memanfaatkan limbah ayam sebagai makanan leke,yang saya tanyakan apakah

  27. Saya memfokuskan usaha pada
    pembenihan bibit lele
    sangkuriang.
    Bagi yang membutuhkan bibit
    lele
    sangkuriang. Untuk wilayah Solo
    dan
    sekitarnya saya antar gratis.
    Bibit
    berkualitas karena dari indukan
    bersertifikat dari BBAT. Kami
    siap
    membantu Anda sukses dalam
    berternak lele. Konsultasi gratis.
    Saya tidak menjual bibit saja.
    Bibit
    yg saya kirim. Bila sudah panen
    akan
    saya beli bila Anda kesulitan
    menjual. Bila Anda butuh lele
    konsumsi saya juga siap. Semua
    harga bisa dinego. Pelanggan
    adlah raja. Saya ingin Anda
    untung besar, kapanpun Anda
    sms pasti secepatnya kami
    balas, pelayanan kami adalh yg
    utama. Anda sukses saya jg ikut
    sukses itu prinsip saya. Hub
    085642057643
    alamat Ngablak Rt/Rw 03/06,
    Karangmojo, Tasikmadu,
    Karanganyar, Solo
    meganmahmud@gmail.com

  28. sore semua….!!
    saya orang baru nih di bidang usaha budi daya lele ini.saya pengen tau bagaimana cara yg simple untuk budidaya ikan lele ini,
    tgl 1 jan 2012 saya mulai coba budidaya lele dumbo,waktu itu saya beli 1rbu ekor saya tempatkan di kolam deklit ukuran 2×3 tinggi 1 mtr.untuk pemberian pakan 3kali sehari [ pagi jam 7,siang jam 2,sore jam 5 ]untuk pagi saya suka selingi dengan usus ayam..
    tolong infonya doong.
    thank’s sebelumnya.

  29. bos mau nanya neh… kondisi tempat yang baik untuk budi daya lele itu gimana..? apa harus pake’ atap agar tidak kepanasan dan kehujanan atau harus di bawah pepohonan agar suhu air tidak terlalu panas. Mohon infonya di email saya…. terima kasih.

  30. Salam kenal gan..
    Mau tanya,apakah bibit lele ukuran 2-3 cm bisa bertahan hidup bila air didalam kolam mengalir..
    Saya tebar bibitnya didlm kolam semen tp dasar tanah..dgn ukuran luas 3m pnjang 5 m?
    Sedangkan kolam sudah lama saya buat?
    Trimakasih seblmnya..
    Salam sukses..

  31. Bos,saya tertarik dengan informasinya.. saya mau konsultasi lebih detail ttg budidaya lele. kalo boleh, saya minta contact person nya.. tlg di e-mail ato sms ke 081558993209. suksma, Adi ring denpasar.

  32. saya pemula usaha pembibitan lele,2 kali pemijahan telur sukses menetas.setelah 2 minggu benih lele tubuhnya berwarna kekuningan kemudian mengambang perlahan mati semua.kira2 apa penyebabnya dan bagaimana teknik pembibitan yang sebenarnya?

  33. mas kalau air yang digunakan air selokan bagus enggak ya? soal.akan di atas dijelasikannya ditambahkan air sumur

  34. Lele panen 29 hari,Belut panen 3 bulan,Udang panen 2 bulan bebas penyakit,Nila & Bawal panen 1 bulan,panen jamur tiram meningkat 300% bebas ulat.cabe 8 kg/pohon umur sampai 2 tahun.bawang merah di atas 30 ton/hektar ! Padi 18 ton/ha bibit belum direndam !

    sms:0857-8178-5140
    http://berita-agrobisnis.blogspot.com/
    Kakao umur 8 bulan belum berbuah setelah disemprot 3 minggu sudah berbuah…

  35. saya juga pemula dan ingin berbudidaya lele , saya sudah baca artikel di atas nah , untuk lele ini kenapa ya kok semakin besar kok semakin murah/gx laku di pasaran , untuk mengidealkan lele berapa berat lele per ekor.

  36. sy sngat tertrik dgn budidaya lele sy blh tahu perhitungn modal ‘n keuntungan tolong di e.mail tanks

  37. Assalamualaikum…
    Saya berminat menjdi peternak lele.. Pak bgaimana cara pengembang biakan lele. Dngan cra inseminasi.
    Apakah bisa lele d kembang biakan selain dngan cra kawin alami.
    Maksud ny dngan inseminasi buatan?

  38. pagi…
    apakah dlm ternak lele yg d’sbtkan d’atas,perlu isi ulang air kolam dlm wkt pembesaran?
    d’tnggu e-mail nyk!

  39. slmt malam smua,apakah dlm tenak lele boleh pake pupuk kandang selain sapi ,,,,
    pupuk ayam atau mungkin kambing
    tlg infonya
    thnx

  40. Saya sangat tertarik dengan bisni lele
    Bisa tidak untuk membantu saya dalam hal perhitungan modal awal sampe hasil panen ?
    Dan sebagai pemula seperti saya hal apa yang harus saya persiapkan untuk berbisnis lele
    Thnks ‘ ditunggu email balik nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s