Nulis blog lagi ah.. :)

Kata film The Secreet, ada satu hukum universal yang membuat dunia ini berjalan, yaitu hukum ketertarikan atau daya tarik. Perkembangan peradaban manusia bukanlah disebabkan oleh perkembangan pengetahuan yang dimiliki oleh manusia. Pengetahuan itu adalah media atau alatnya. Yang melatarbelakangi manusia sampai mempunyai pengetahuan yang relatif rumit pada peradaban ini adalah adanya hasrat dan keinginan pada otak manusia. Keinginan inilah merupakan hal yang terkuat yang mampu mengubah semuanya. Semuanya. Pada film ini (sebenarnya diangkat dari buku dengan judul yang sama seperti filmnya), para penemu-penemu besar dari Einstein sampe Budha diklaim telah mengerti rahasia ini sehingga mampu menembus batas-batas yang sebelumnya dianggap diluar kemampuan manusia (uppsss.., batre habis dan listrik mati. Hiks.. ada satu paragraf yang hilang karena belum ter-save :p).

Dalam buku dan film ini juga menceritakan legenda Aladin dan jin-nya. Aladin diposisikan sebagai manusia biasa yang memiliki ambisi, keinginan, dan hasrat yang luar biasa kuat. Sedangkan jin adalah alam semesta yang sanggup mengabulkan apa pun. Sang jin selalu berkata “your wish is my command”. Keinginan adalah sebuah komando yang bisa menggerakan alam semesta. Ketika keinginan tersebut diyakini dan dipegang teguh maka alam semesta akan bergerak untuk mendukung keinginan kita tersebut.

Sehingga legenda Aladin dan jin bukanlah cerita mistis, tapi simbol dari manusia yang teguh keinginannya yang kemudian dikabulkan oleh alam semesta. Begitu pula dengan tokoh-tokoh besar lainnya. Budha misalnya, ketika dia begitu gelisah tentang kehidupan dan sangat ingin tahu segala sesuatu tentang kehidupan dan kematian, maka dia rela meninggalkan segala sesuatu yang dimiliki seorang pangeran. Keteguhannnya dalam memegang keinginan tersebut kemudian direspon oleh alam semesta dengan membuka tabirnya kepada Budha, pada titik inilah dia dianggap telah mencapai pencerahan.

Keinginan yang kuat adalah sesuatu yang selalu dipikirkan oleh otak. Dan otak kemudian memancarkan energi-energinya, mengirimkannya kepada setiap bagian yang ada di alam semesta. Dan dengan caranya, alam semesta merespon energi-energi yang terpancar kuat dari otak kita tersebut. Alam semesta selalu merespon dengan cara yang tidak pernah kita duga. Jangan khawatir cara alam semesta merespon, biarlah bekerja secara alami. Inilah yang disebut dengan hukum gaya tarik, antara energi otak kita dengan dengan setiap unsur dan kehidupan yang ada di alam semesta.

Kunci dari semua ini adalah kekuatan otak dan pikiran. Ada kalanya sesuatu yang tidak kita inginkan selalu datang pada kita. Kesialan selalu datang tanpa henti, padahal semua itu tidak diinginkan. Ingat lagi pada cara kerja hukum gaya tarik ini. Sesuatu yang terus-menerus kita pikirkan akan memancarkan energi kepada alam semesta dan kemudian akan mendapat respon balik. Sehingga, sesuatu yang tidak kita inginkan jika terus dipikirkan maka tidak mungkin jika hal tersebut akan terjadi pada kita. Nah ini yang sebenarnya mau aku ceritakan, hehehehehehehe, tapi ceritanya malah kepanjangan prolog :p.

Ceritanya begini, sejak 4 tahun lalu aku selalu resisten ketika mendegar kata Lampung pada khususnya atau Sumatra. Ketika ada seseorang bercerita daerah ini maka dalam hati dan pikiran aku selalu berkata “aku seumur-umur tidak mau main ke lampung dan atau Sumatera”. Karena yang kudengar selalu cerita-certa buruk tentang daerah ini, sehingga penolakan untuk pergi ke Lampung dan Sumatera selalu ada dalam pikiranku. Setiap mendegar, melihat, dan membaca segala hal tentang daerah ini maka otakku akan bekerja dan mengatakan penolakan. Terus menerus seperti itu.

Hingga akhirnya sekarang, aku harus memikul kenyataan bahwa dalam tahun 2008 dan 2009 aku harus mondar-mandir Jogja-Lampung terus. Hehehehe. Jika ada yang berkata kebetulan, maka akan kujawab tidak sama sekali. Aku sudah membuktikan dan percaya pada hukum gaya tarik ini karena telah berkali-kali membuktikannya. Apa yang kita pikirkan secara terus menerus akan menjadi kenyataan. Aku baru sadar semua ini saat mengingat-ingat kembali, kenapa akhir-akhir ini aku selalu pergi ke Lampung padahal jelas-jelas kota ini selalu “kutentang” bertahun-tahun.

Kalo mau bukti “instant”, mendaki gunung saja. Pikirkan sesuatu yang buruk dan berangkat dengan perasaan kesal maka alam akan sangat cepat meresponnya. Sebaliknya, naik gunung dengan perasaan lega dan meyakini akan mendapat kebahagian di gunung nanti, alhasil maka akan mendapatkannya (bagiku, ini salah satu contoh kecil untuk melihat cara kerja hukum gaya tarik ini).

Pelajaran moral yang dapat dipetik adalah, pikirkan secara terus menerus dan yakini apa yang kamu inginkan. Buat tekad. Dan jangan pernah memikirkan apa yang tidak diinginkan. Lupakan semua hal buruk, dan pikirkan saja semua tentang keindahan. Maka alam semesta akan menjawabnya. Percaya.

7 thoughts on “Nulis blog lagi ah.. :)

  1. ayo kita buktikan dengan selalu memikirkan dan menyakini akan pergi ke batam.. Pasti suatu saat kita bisa kesana. pasti.🙂

  2. lah aku sampe sekarang belum jadi2 nonton the secret itu. huuu….
    iya kok,contoh gampangnya lagi tu kalo naek kopaja duduk di bangku paling belakang (yg memanjang itu) pas kopajanya penuh sesak.
    dijamin susah berdiri untuk turun.
    caranya? cari pegangan di bagian atas bis, kemudian bayangkan akan bisa menjangkaunya (padahal kalo dinalar, susah loh. jauh soalnya).
    kalo sudah terbayangkan akan bisa mencapainya, pasti gampang untuk melakukannya. dan gak perlu khawatir susah bangkit dari tempat duduk atau akan terjengkang.
    hehehe.
    (berdasarkan pengalaman sehari2, naek kopaja p20 selalu dpt bangku paling belakang. hiyaak…!)

  3. wah.. seandainya saja sutradara dan produser film the secreet kenal ma kamu, tia. pasti dah dijadikan bintang film dan buat testimoni untuk film ini. karena ada cerita yang mirip dengan ceritamu. hehehehehehe

  4. Pingback: Sibuk dan Gempa « tembok kuning

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s