Nada dalam Serakan Genting

teringat lagu anak-anak dulu, ‘tik.. tik… bunyi hujan di atas genting’. Di setiap tik… tik… muncul nada yang beraneka ragam. Kalo telaten, bisa jadi rangkaian lagu yang indah. Kemaren saat main ke Majalengka, ada komunitas yang bernama JAF (Jatiwangi Art Factory). JAF ini membuat lagu-lagu yang dimainkan dengan gaya perkusi. Yang istimewa adalah mereka menggunakan genting sebagai alat musiknya. Merdu. Mirip seperti suara air hujan yang jatuh di genting. Kalo hujan tidak berirama, nadanya acak, kali ini dibawah garapan Tedy, nada-nada tersebut disusun menjadi rangkaian lagu. woow… Kreatif memang.

100_1910Tapi mereka menggunakan genting lebih karena di daerah mereka tinggal, hampir semua orang adalah produsen genting. Masyarakat di Jatiwangi ini banyak yang menggantungkan hidupnya dari membuat genting.

Cara menyusun genting-genting agar membentuk irama yang teratur, pertama-tama tentu harus dipilih genting-genting yang mewakili nada-nada dasar. Misalnya, memilih genting yang bernada Do, Re, Mi, dst. Cara memilih genting-genting yang bernada adalah dengan cara berjongkok seharian diantara ribuan genting bertumpuk-tumpuk, memukul satu persatu dengan stik yang terbuat dari bambu, merasakan setiap bunyi yang dihasilkan dari pukulan itu apakah memiliki nada atau tidak. Diantara ribuan genting, satu per satu dipukul, tok… tok… “oh ini nadanya Do”. Genting lainnya dipukul, tik.. throk… “oh ini tidak memiliki nada”. Begitu seterusnya. Bagiku yang bukan pemusik, pekerjaan memilih genting seperti ini adalah luar biasa dan berat. Mungkin bagi mereka memilih genting-genting yang bernada diantara ribuan genting adalah pekerjaan yang biasa dan mengasikan.

Mungkin suatu saat aku juga akan jadi pemusik, hehehehehe😀

4 thoughts on “Nada dalam Serakan Genting

  1. kalo aku jadi pemusik, gak pake genting. tapi pake seng, jadi gak bakal pecah. hehehehehe😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s