Promosikan Produk Anda

Mempromosikan produk-produk kita melalui website, contohnya adalah barang-barang kerajinan, dapat dilakukan dengan menampilkan foto. Anda tidak perlu menjadi fotografer profesional untuk memfoto dan menggunakan kamera-kamera mahal. Ada dua hal yang penting yang perlu diperhatikan ketika mempromosikan produk anda melalui foto yang dipajang di website. Pertama, buat foto produk. Foto produk ini definisinya adalah gambaran umum dari produk tersebut. Kedua, adalah lawan dari yang pertama, buat foto detail. Foto detail adalah foto-foto yang menunjukan bagian-bagian kecil yang penting dalam produk tersebut. Misalnya saja kerajinan tas tangan dari kulit. Buatlah foto secara umum, kemudian telitilah tas tangan tersebut dan pikirkan bagian mana yang akan ditonjolkan. Biasanya, bagian yang ditonjolkan adalah jahitan, pola variasi dari tas, bahan bagian dalam, tali tas karena biasanya rawan robek, dan keungulan-keungulan lain yang anda miliki.

Selain itu, mempromosikan produk melalui website tidak cuma di foto saja. Ada hal lain yang perlu diperhatikan juga, yaitu menyangkut kredibilitas website anda. Jika anda telah kenal baik dengan calon pembeli anda, maka tidak menjadi soal jika website anda asal-asalan saja. Tapi bagi sebagian orang yang ingin mencari calon pembeli melalui website, maka kredibilitas website sangatlah penting. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membangun kredibilitas website anda.

Pertama, cantumkan identitas anda dengan jelas dan pastikan bahwa identitas tersebut valid atau benar adanya. Identitas ini menyangkut nama lembaga/orang, alamat lengkap, nomer telp dan email, dan fax. Tapi, jangan berhenti di sini saja. Tunjukan dengan singkat dan padat tentang profil anda, Siapa anda sebenarnya, sedang malakukan apa, kenapa melakukannya, apa tujuan anda, dan aktivitas apa saja yang anda lakukan, visi misinya apa, dan slogan atau moto anda apa. Hal ini penting untuk meningkatkan kepercayaan calon konsumen tentang diri anda atau lembaga.

kedua, perhatikan cara pembayaran. Anda bisa menggunakan jasa-jasa pembayaran seperti paypal, atau memanfaatkan jasa dari ebay, amazon, dll. Tapi bagi usaha-usaha kecil sulit untuk melakukan transaksi dengan cara agak rumit ini. Untuk itu, anda perlu mencantumkan no rekening bank anda. Sebaiknya rekening bank bukan atas nama individual melainkan atas nama dua orang, dan lebih bagus lagi atas nama lembaga. Berikan juga penjelasan mengenai cara pembayarannya.

ketiga, buatlah navigasi dalam website yang mudah digunakan. Sediakan kategori-kategori yang memudahkan orang untuk melakukan pencarian. Kelompokan produk-produk anda, misalkan berdasarkan jenis bahan, harga, dan  jenis barang.

keempat, selalu balas atau beri respon pada setiap orang yang bertanya karena mereka lah calon pembeli anda.

Ini cuma hal-hal dasar dalam mempromosikan produk melalui website, hal-hal lainnya anda bisa pelajari sambil jalan. Pengalaman akan memberikan pelajaran yang lebih berharga.

4 thoughts on “Promosikan Produk Anda

  1. ohh..tips yang sangat berguna bagiku yang sedang mencoba hal itu. oh oh oh….thanks utk masukannya.Berarti aku masih harus meng-edit. postingan yang sangat berguna bagi masadepanku. oh…sungguh.

  2. oh… aku tau sekarang.., Kalian memuali bejualan batik melalui multiply. ada keuntungan dan kekurangannya. kelebihannya karena bisa menggunakan jaringan yang ada di multiply untuk pemasaran. Tapi kelemahannya, karena saya tidak memiliki multiply, saya agak kesulitan berinteraksi dengan produk yang ditawarkan. Usulku, buat saja blog atau website sederhana, nah di dalam web situ juga diberikan link ke multiply dan facebook kalian. itu lebih memudahkan semua orang.
    pertanyaan kunciku untuk produk batik kalian adalah: “Apa yang membuat orang merasa harus membeli batik dari anda?”. Coba renungkan, hehehehe😀

  3. betul!
    aku juga akan mulai promosi di web ah…!
    tapi jualan apa ya? aku selalu ingin berdagang.
    dulu aku pernah berdagang minyak wangi murahan, seprei dan kerudung. modalnya dari uang bulananku. dan waktunya pas aku liburan lulus sma, menunggu masuk kuliah.
    tapi sayang waktu itu, semua asetku ditilep sama orang yang berpura-pura mau bantu menjualkan barang. ternyata dia “jualkan” di pegadaian alias dia gadaikan semua daganganku. hiks. dan sampai sekarang tak ada barang daganganku yang kembali…
    sedih…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s