Jangan Teror Aku!

Berita adalah teror. Untuk saat ini saya pikir hal ini ada benarnya. 4 tahun lalu saya mulai menyadarinya ketika pada waktu itu, saya dan kelompok teman belajar lainnya mulai mengguntingi koran-koran dan melakukan diskusi-diskusi kecil atas kliping yang kami buat. Pada waktu itu yang menjadi fokus kami adalah rubrik Nusantara di koran Kompas.

Setelah sekian bulan berproses, kami akhirnya cukup (baca: sangat) jenuh terhadap isi berita yang kami kliping. Ini karena hampir semua berita tersebut berisikan semua hal yang negatif. Seolah tidak ada yang baik di negeri ini. Berita-berita tersebut seputar banjir, longsor, gempa, penggusuran, pembabatan hutan secara liar, konflik, dan semua hal yang menakutkan. Berkutat dan berkonsentrasi pada jenis-jenis berita ini membuat kami menjadi GILA!

Pada suatu titik, dalam sebuah diskusi kecil pula, kami simpulkan bahwa berita-berita yang ada di media massa di Indonesia secara umum adalah sebuah Teror bagi kehidupan manusia. Bagaimana tidak? Setiap hari, bahkan setiap detik kita dihadapkan pada berita-berita yang membuat diri kita selalu berpikir negatif. Ujung-ujungnya kita menjadi paranoid dan frustasi terhadap apa yang terjadi di negeri ini.

Membaca tulisan dari Effendi Gazali dengan judul “Permainan Macam Apa ini?” yang isinya tentang SMI mengingatkan saya kembali atas berita adalah teror. Pemberitaan genjar yang dilakukan media dengan materi berita yang semuanya negatif, yang menunjukan betapa bobroknya negeri ini, membuat saya benar-benar terteror. Semalam suntuk saya terteror karena terbayang-bayang berita-berita yang saya baca dan tonton media massa.

Yang menjadi persoalan media dan beritanya atau memang kondisi riilnya demikian? Tentu pertanyaan yang tidak mudah dijawab, namun yang pasti saya terteror ketika mengakses berita dari media massa di negeri ini.

Leave a Reply

