Metode Kampanye Damai dan Menyenangkan :)

Ada banyak isu yang diperdebatkan, menjadi pro dan kontra di negara ini dan tidak kunjung selesai. Persoalannya berakar pada saling klaim kebenaran data yang mereka miliki. Isu yang cukup mewakili keadaan tersebut adalah isu tentang Rokok.

imagesOrang-orang yang pro rokok mengatakan bahwa ini menyangkut hajat orang banyak, ratusan ribu petani (mungkin juta), jutaan pedagang kecil, dan buruh pabrik rokok, dan lainnya sebagainya yang menyangkut kehidupan ekonomi masyarakat banyak.

Sanggahan lainnya bahwa industri stop rokok hanya permainan pelaku industri farmasi yang ingin mengganti rokok dengan obat atau bahan lainnya. Katanya dengan alasan menghilangan kecanduan nikotin. Artinya ada raksasa industri baru ketika industri rokok saat ini tumbang.

Saya secara pribadi tidak tahu dari mana sumber informasi ini, belum pernah lihat bukti otentik dan sumber data yang bisa dipertanggungjawabkan. Tapi ya sudahlah, bukan itu poin yang ingin saya sampaikan.

Sedangkan pihak anti rokok juga memiliki segudang argumentasi. Dari persoalan kesehatan karena mengandung 4 sampai 5 ribu bahan kimia berbahaya, gangguan di ruang publik karena asap rokok meracuni orang lain, kerugian negara akibat rokok, dan dampak pada tumbuh kembang anak dimana sang ayah yang merokok, dan masih banyak yang lainnya.

Sekali lagi, bukan tugas saya untuk mengurai pro dan kontra rokok ini ya.. Saya bukan ahlinya. Atau lebih tepatnya saya malas masuk dalam pusaran perdebatan yang tidak ada habisnya ini.

Yang mau saya sampaikan adalah cara berkampanye damai. Silakan digunakan oleh dua belah pihak, baik yang pro dan kontra. Contohnya seperti ini untuk kampanye Anti Rokok:

– Harga sekotak susu segar sama dengan sebungkus rokok. Beli susu aja yuk

– Harga seikat kembang sedap malam cuma setengah bungkus rokok, berhenti meroko malam ini dan berikan bunga pada kekasih atau istri anda tercinta🙂

– Harga buku di Gramedia cuma sekitar 3 bungkus rokok. Berhenti merokok tiga hari, dan hadiahkan buku itu pada anak-anak kita yukk

– Harga baju baru yang bermerk cuma tujuh bungkus rokok, puasa rokok seminggu yukk untuk penampilan keren di malam minggu nanti

– Ganti motor baru yookk… Cicilannya cuma 30 bungkus rokok saja. Punya motor baru deh..

– dan seterusnya..

Kampanye yang pro-rokok misalnya.. emmhh.. gak ada ide😀. Yang pro-rokok punya ide?

Intinya mari gunakan hal sehari-hari untuk kampanye yang lebih cerdas dan menyentil. Tidak perlu membawa parang, pentungan kayu, massa yang banyak, seperti Front Pembela gak jelas itu.

*Dulu saya sempat aktif merokok, sekarang mencoba berhenti total merokok. Alasan saya berhenti karena saya tidak bisa menjawab pertanyaan saya sendiri: “Apa keuntungan yang saya peroleh ketika merokok?”. Hehehe.. saya tidak bisa jawab pertanyaan ini🙂

Leave a Reply

